Minggu, 29 Agustus 2010

Mengenal Cendekiawan-cendekiawan muslim yang pernah ada. .

Tahukah kalian, dimasa kejayaanya islam ternyata memiliki pemikir-pemikir dan ilmuan-ilmuan yang turut menyumbang sesuatu yang berguna bagi kemaslahatan umat manusia, mereka merupakan generasi muslim cerdas yang pernah lahir, diantaranya adalah :

Abu Raihan Muhammad (Ahli trigonometri, penemu daerah asia tengah)

Beliau dijuluki sebagai ilmuan ulung, salah satunya oleh max mayerhof, ia menyebut ilmuan muslim yang bernama lengkap abu raihan Muhammad ibn ahmad al-biruni sebagai master dibidang kedokteran, astronomi, matematikawan, ahli fisika, ahli geografi, dan sejarahwan.
Ilmuan yang akrab dipanggil al-biruni, adalah yang pertama kali mengenalkan permainan catur ala idia kenegeri-negeri islam, serta menjelaskan problem-problem trigonometri lanjutan dalam karyanya berjudul tahqiq Al-hind.

Beliau juga melakukan penjelajahan kebeberapa negeri, seperti iran dan india, sampai kedaerah jurjan dekat laut kaspia (asia tengah), serta ke wilayah india, nah sekali lagi membuktikan bahwa ilmuan yang lahir pada bulan September tahun 973 M di khawarizm, Turkmenistan sebagai kejayaan generasi muslim.

Abu Abdullah muhamad ibn musa al-khawarizmi (penemu algoritma)

Jika kalian belajar matematika, harus tahu siapa sebenarnya orang pertama kali yang menemukan rumus algoritma, abu Abdullah Muhammad ibn musa al-khawrizmi atau kalian mungkin pernah mendengarnya dengan nama al-khawarizmi, lahir pada tahun 770 M dikota khawarizm atau kheva yang terletak di sebelah selatan sungai Oxus dan sekarang kita mengenalnya dengan Negara Uzbekistan, beliau wafat pada tahun 840 M, ilmuan muslim jenius ini lebih banyak menghasilkan risalah aritmatika, dan kitabnya yang terkenal adalah al-jama’wal-tafreeq bil hisab al-hindi, Algebra, Al-maqala fi hisab-al-jabr wa-al muqabillah.

Selain itu al-khawarizmi juga telah menghasilkan buku geografi yang menumental, al-ard yang memuat peta-peta dunia, hasil karya beliau benyak dijadikan pegangan dasar universitas-universitas eropa, hingga abad ke-16, selain telah banyak diterjemahkan dalam bahaa inggris da latin.

Piri reis (penemu antartika dan peta dunia)

Kalian tentu tahu benua antartika, tapi apakah kalian tahu siapa yang berada dibelakang penemuan benua tersebut? Bahkan sampai memetakannya, sehingga kita semua kini dapat memanfaatkan jalur tersebut, dan tidaki hanya memetakan antartika, tetapi juga membuat sebuah peta dunia yang sampai saat ini tersimpan rapi dimusium topkapi konstantinopel.

Piri reis, seorang laksamana muslim yang lahir tahun 1465 M di Gallipoli Turki, menekuni dunia pelayaran sejak umur 12 tahun bersama pamannya kemal reis, serta pernah ikut dalam pertempuran melawan pasukan venesia tahun 1494 M. dari kecerdasan dan pengalamannya, maka piri reis mampu membuat dunia tercengang dengan peta dunia yang ia buat pada tahun 1513 M.

Para ilmuan barat, ketika menemukan catatan perjalanan dan peta dunia buatan piri reis terkagum-kagum, termasuk melihat out line dari pantai amerika utara dan selatan antartika, yang oleh ilmuan barat diklaim baru ditemukan setelah tahun 1818 M.